Minggu, 10 Januari 2010

Pariwisata- Bangka Belitung


Taukah kalian itu pulau apa?? Yup, benar sekali. Itu pulau Bangka Belitung. Apa? Ya,anda benar lagi Si Laskar Pelangi. Semenjak diluncurkannya film Laskar Pelangi nama Bangka Belitung seakan terangkat kepermukaan hal itu juga ditunjukkan dengan banyaknya wisatawan domestic maupun mancanegara berkunjung kedaerah tersebut.
Bangka Belitung dengan luas daerah 18.725,14 km² ini menyimpan banyak kekayaan alam namun belum banyak yang ter-expos.
Saya adalah putra daerah Bangka Belitung, saya dilahirkan disini dan dibesarkan dipulau ini, walaupun dulu sempat pindah kepulau lain. Saya sangat mencintai tanah kelahiran saya, saya bangga banget menjadi putra daerah pulau yang dikenal dengan sebutan pulau timah ini. Ditambah lagi saya pernah menjadi salah satu duta wisata prov. Bangka Belitung, selain itu untuk di tingkat nasional saya pernah mengikuti Miss Indonesia Earth dan disanalah forum yang tepat bagi saya untuk memperkenalkan apa sih yang ada di pulau ini. Saya akan menceritakan di blog saya ini mengapa saya bangga menjadi putra daerah Bangka Belitung…
Dimulai dari adat dan budayanya…

Sepintu Sedulang
Kata sepintu sedulang adalah semboyan dan motto masyarakat Bangka yang bermakna adanya persatuan dan kesatuan serta gotong royong. Ritual ini adalah satu kegiatan penduduk pulau Bangka pada waktu pesta kampung membawa dulang berisi makanan untuk dimakan tamu atau siapa saja di balaiadat.
Dari ritual ini aja tercermin kalau masyarakatnya menjujung tinggi rasa persatuan dan kesatuan serta gotong royong, Jiwa gotong royong masyarakat Bangka cukup tinggi. Warga masyarakat akan mengulurkan tangannya membantu jika ada anggota warganya memerlukanya. Semua ini berjalan dengan dilandasi jiwa Sepintu Sedulang. Jiwa ini dapat disaksikan, misalnya pada saat panen lada, acara-acara adat, peringatan hari-hari besar keagamaan, perkawianan dan kematian. Acara ini lebih dikenal dengan sebutan “Nganggung”, yaitu kegiatan setiap rumah mengantarkan makanan dengan menggunakan dulang, yakni baki bulat besar.

Rebo Kasan
Inilah upacara yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Bangka Belitung khususnya nelayan. Upacara ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus memohon doa restu kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari bala (bencana) sebelum mereka turun ke laut untuk mencari ikan.
Upacara ini biasa dilakukan di daerah pesisir Pantai Anyer Kecamatan Merawang. Upacara rebo Kasan adalah gambaran dari harapan para nelayan agar hasil tangkapan ikan mereka melimpah

Buang Joang
Mirip dengan upacara Rebo Kesan, upacara Buang Joang juga dilakukan masyarakat nelayan sebelum pergi ke laut. Dalam ritual ini para nelayan menyampaikan permohonan dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar saat mencari ikan tidak mengalami musibah atau terkena bencana dilaut, serta semoga mendapatkan penghasilan ikan yang banyak. Upacara ini bisa dilakukan oleh masyarakat di pantai Belimbing daerah Bakit Jebus.

Ceriak Nerang
Upacara ini biasanya dilakukan setelah panen padi, sebagai puji syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah memberi berkah dan rezeki pada umatnya.

Perang Ketupat
Bagi masyarakat Bangka, khususnya masyarakat Tempilang, upacara ini diadakan pada bulan Sya'ban (perhitungan tahun hijriah) untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan umat Islam. Acara ini dilaksanakan di Pantai Pasir Kuning, Kecamatan Tempilang

Barongsai
Seperti yang kita ketahui dipulau ini banyak sekali keturunan Tionghoa , namun kita selalu hidup berdampingan dengan aman, dan gak pernah ada tuh tauran antara penduduk aslinya dengan keturunan Tionghoa, kita hidup saling berdampingan dengan damai dan aman, dan hal ini jarang sekali terjadi dipulau-pulau lain. Seperti di tanah leluhurnya, China, pertunjukan kesenian Barongsai di pulau Bangka juga selalu menarik minat pengunjung. Kendati merupakan budaya import, masyarakat Bangka telah menganggap Barongsai sebagai budaya mereka. Seperti halnya kebudayaan-kebudayaan lokalnya. Upacara ini bisanaya disajikan pada waktu bulan purnama atau hajatan, khususnya dikalangan masyarakat keturunan Tionghoa.

Mandi Belimau
Upacara mandi belimau ini merupakan tradisi yang sudah jadi turun temurun di masyarakat dusun Limbung desa Jada Bahri dan Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang biasanya dilaksanakan seminggu sebelum awal puasa. Upacara adat mandi belimau di laksanakan di pinggir sungai Limbung.
Menurut pemaham mereka, melalui upacara Mandi Belimau ini, maka segala apa yang kita inginkan dan apa yang kita doakan akan terkabul asalkan sesuai dengan tatacara yang telah ditentukan
Nah sekarang kita membahas tentang wisata pantainya…

Pantai Matras
Terletak di desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka yang terletak di sebelah Timur Laut Pulau Bangka. Pantai ini amat indah dan landai. Pasirnya putih dan halus. Panjang pantai mencapai 3 km dan lebar 20-30 m. Pantai ini dilatarbelakangi pepohonan kelapa dan aliran sungai alami, hingga sering disebut sebagai Pantai Surga. Pantai ini merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Parai Tenggiri
Terletak di Desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Pantai ini telah dilengkapi fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang empat, memasuki area pantai ini serasa berada disebuah pulau....tiap kali balik ke Bangka harus pergi ke pantai ini, kalau tidak saya akan menyesal.

Pantai Batu Bedaun
Terletak di Kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai ini cukup unik, bersebelahan dengan Pantai Parai Tenggiri, dan mempunyai ciri khas adanya pohon yang tumbuh di atas batu.

Pantai Teluk Uber
Pantai ini terletak di Desan Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai ini mempunyai luas 25 ha, dengan pemandangan yang indah dan berpasir putih.

Pantai Tanjung Pesona
Pantai ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka yang berjarak ± 9 km dari kota Sungailiat. Pantai ini berada di tengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, diatas tanjung dengan bebatuan yang besar. Pantai ini juga telah dilengkapi fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang tiga.

Sebenarnya masih banyak yah pantai yang lain, tapi saya gak mungkinkan menjelaskan satu-satu….itu belum pantai yang terletak di Belitung lho…banyakkan?? Coba aja datang kesini langsung gak akan menyesal deh….saya siap kok menemani kalian jalan-jalan.

Wisata Sejarah
Vihara Dewi Kuan Yin
Tempat ini terletak di Desa Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, ± 15 km dari Kota Sungailiat. Tempat ini berada di kaki bukit dan terdapat aliran air sungai. Menurut kepercayaan masyarakat China, air tersebut dapat menyembuhkan penyakit, menjadi awet muda atau meminta sesuatu yang diinginkan banyak lho artis-artis yang datang kesini. Tersedia juga kolam pemandian dan Vihara kecil untuk sembahyang.

Makam Depati Barin
Makam ini berada di Desa Kimak, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. Lokasi ini dapat di tempuh ± 30 km dari Kota Sungailiat. Depati barin adalah salah seorang pahlawan Bangka yang menentang penjajahan Belanda. Bagi masyarakat Bangka perjuangan Depati Barin merupakan simbol kepahlawanan yang patut dihargai dan diakui sebagai patriot bangsa.

Makam Keluarga Abdi Dalem Hamengkubuwono XI
Obyek wisata ini terletak di Kota Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Merupakan makam keluarga Hamengkubuwono XI dari keraton Yogyakarta. Menurut sejarah, pada zaman penjajahan Belanda keluarga tersebut mengungsi dan mendapatkan istri yang berasal dari daerah Mentok.

Rumah Soekarno/Wisma Ranggam
Tempat ini berada di Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat, ± 30 km dari Kota Mentok. Di wisma ini terdapat kamar Presiden RI pertama. Wisma ini merupakan tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena di tempat ini pembuangan pengasingan Proklamator RI dan tempat mereka mengadakan pertemuan-pertemuan menyusun strategi kemerdekaan.

Klenteng Jebus
Tempat ini berada di Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat dan dapat ditempuh dengan jarak ± 124 km dari kota Sungailiat atau ± 78 km dari Kota Mentok. Klenteng China ini merupakan klenteng yang tertua dan terbesar bagi umat Kong Fhu Chu. Klenteng ini selain tempat beribadah bagi umat Kongfhuchu di Pulau Bangka, juga merupakan simbol keagamaan, keangungan dan kebanggaan tersendiri bagi umatnya. Tempat ini merupakan suatu tempat bersejarah, khususnya bagi kaum keturunan yang datang ke Pulau Bangka. Bangunannya besar dan unik dengan ukiran khas China.

Makam H. Hotamarrasyid Bin H. Usman
Makam ini terletak di Kota Jebus sebelah utara, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat. Lokasinya ± 42 km dari Kota Jebus. Tempat ini merupakan makam keramat yang berada diatas bukit. Menurut sejarah, H. Hotamarrasyid bin H. Usman berasal dari Palembang , adalah seorang tokoh masyarakat yang disegani pada zaman kolonial Belanda.

Pha Khak Liang
Tempat ini berada di Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, ± 2 km dari Kota Belinyu atau ± 3 km dari Kota Sungailiat. Pha Kak Liang adalah sebuah kawasan wisata bergaya China, yang dibangun di daerah bekas tambang timah. Luasnya mencapai 2 ha. Wisatawan yang datang ke sini seolah berada di daratan hongkong atau Taiwan.Daya tarik lain bagi wisatawan di sini yang tak kalah menariknya adalah pengunjung dapat menyaksikan ikan air tawar yang besar-besar bermunculan dari permukaan air. Apabila wisatawan memberikan sekedar makanan ikan yang telah disediakan oleh penjaga setempat. Menurut cerita, ikan-ikan tersebut tidak boleh dipancing atau dimakan.

wisata Agro( ada juga toh?)gak semua pulau deh kayaknya punya wisata selengkap ini.

Kebun Lada Putih
Pulau Bangka terkenal sebagai penghasil lada putih. Hampir setengah penduduknya mencari nafkah dengan berkebun lada, terutama wilayah Bangka Selatan. Dengan hamparan perkebunan lada yang luas para pengunjung dapat melihat langsung bagaimana lada putih ini diproses dari pemetikan, perendaman hingga siap dipanaskan.

Kebun Karet
Selain kebun lada, beberapa wilayah Pulau Bangka terdapat perkebunan karet dengan pohonnya yang tinggi dan tertata rapi yang merupakan tempat wisata yang menarik.

Kebun Kelapa Sawit
Di Pulau Bangka terdapat perkebunan Kelapa sawit dengan hamparan yang luas dan indah yang tersebar di beberapa wilayah, yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Kebun Nanas Toboali
Lokasinya berdekatan dengan ibukota Kecamatan Toboali sebelah Selatan Pulau Bangka. Kebun nanas Toboali terkenal dengan buahnya yang manis. Para pengunjung dapat membeli, langsung memetik di kebun dan memakannya.

Capek yah? Eits,jangan balik dulu…udah jalan-jalan masak gak bawa oleh-leh sih…,nah bagi yang mau bawa cinderamata kita liat dulu yuk apa aja sih kerajinan khas pulau ini.

Pewter Timah
Kerajinan ini merupakan khas Pulau Bangka yang sangat populer karena satu-satunya yang ada di Indonesia. Bahan bakunya berasal dari timah, dengan produk yang dihasilkan berbentuk kapal phinisi, gantungan kunci, piala dan lainnya.

Kerajinan Akar Bahar
Akar bahar merupakan kerajinan yang bahan bakunya diambli dan dasar laut sekitar perairan Pulau Bangka. Kerajinan akar bahar merupakan salah satu kerajinan yang ada di Pulau Bangka. Produknya berbentuk souvenir atau cendera mata yang cukup bagus seperti tongkat komando yang sangat terkenal, gelang, kalung, vas bunga, gantungan kunci, cincin, anting/giwang dan lainnya. Bagi wisatawan yang datang ke Pulau Bangka sangat penting memiliki produk tersebut sebagai cinderamata khas Bangka.

Kerajinan Renda
Kerajinan tangan renda umumnya terdapat di daerah Belinyu, ± 54 km dari Kota Sungailiat. Kerajinan ini merupakan hasil industri rumah tangga yang dikerjakan oleh masyarakat. Hasilnya banyak diminati oleh wisatawan nusantara terutama Ibu-Ibu rumah tangga yang berkunjung ke Pulau Bangka.

Kerajinan Kopiah Resam
Kerajinan ini merupakan kerajinan rumah tangga yang berasal dari Desa Sengir, Kecamatan Payung, yang dikerjakan secara turun-temurun hingga saat ini. Kopiah tersebut terbuat dari serutan pohon pakis/paku dan dapat dimanfaatkan guna melengkapi ibadah sholat umat muslim.

Kerajinan Rotan
Kerajinan rotan di pulau berbentuk aneka peralatan ruman tangga, meuble, hiasan dinding dan tikar dengan desain yang menarik.

Oh iya bagi yang suka batik ada juga lho,gak cuma di pulau jawa aja yang punya batik,Bangka Belitung juga punya yang gak kalah cantiknya dengan yang ada ditempat lain,batiknya di sebut dengan cual, yup batik Cual!!

Nah untuk sementara sekian dulu yah informasi tentang pulau Bangka Belitung,kalau belum puas silahkan pesen tiket dengan tujuan penerbangan ke Pangkalpinang,harga tiketnya juga terjangkau kok.
Ditunggu yah…Pokoknya dijamin Babel adalah tujuan wisata yang paling tepat untuk bersantai bersama orang yang anda sayangi. “Go, Visit Babel Archi 2010”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar