Sabtu, 05 Desember 2009

Business Plan


Pentingnya aspek-aspek terhadap sebuah rencana kerja hingga meraih kesuksesan akan Anda temukan dalam buku ini.(Majalah SUCCESS, November 2008)
Ruangan tanpa buku seperti raga tanpa jiwa" Marcus Tullius Cicero (106 BC-43 SM), Ahli Pidato Romawi.
Kalimat diatas seakan mengingatkan kita bahwa pentingnya sebuah buku untuk mengasah, membimbing serta menjadikan kita menjadi lebih pandai, bijaksana dalam berbagai hal. Termasuk buku yang satu ini yang judul aslinya "Business Plan Guide" karya Brian R Ford, Jay M Bornstein, dan Patrick T Pruitt, merupakan buku panduan untuk para pelaku usaha dan pebisnis dalam merencanakan beragam usaha.
Buku setebal 309 halaman ini di sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti dan enak untuk dibaca dan memberikan bimbingan dengan bijaksana. Buku ini akan menuntun Anda untuk menelaah setiap aspek dalam meneliti, menulis, dan mempresentasikan rencana usaha. Selain itu, juga disertai contoh-contoh yang sangat realistis, sehingga terasa sangat komprehensif.
Penulis buku ini adalah para pakar yang sukses dalam berbagai usaha seperti dalam usaha distribusi, ritel, perpajakan pasar modal dan lainnya. Buku ini juga telah di terbitkan dalam berbagai bahasa dan telah di terima dengan baik.
Buku ini memang dipersiapkan bagi para wirausahawan dan para pelaku bisnis dalam mengembangkan rencana kerja, memulai sebuah usaha, memperluas, mengakuisisi suatu usaha. Pentingnya aspek-aspek terhadap sebuah rencana kerja hingga meraih kesuksesan akan Anda temukan dalam buku ini. Dalam suka dan duka, Anda mendaki Gunung Everest dan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai puncaknya. Mengapa? karena Anda memiliki semua yang diperlukan untuk berhasil! Kemajuan dan inovasi dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini benar-benar menakjubkan. Pesawat terbang, outomobil, obat-obatan, televisi, komputer, handphone, laptop, dan lainnya yang akan terus bertambah produk-produk baru yang inovatif karena hasil dari para wirausahawan yang pendapat dan idenya telah terbentuk dan terencana sebelumnya. Wirausahawan membayangkan apa yang tidak terbayangkan Mereka merangkul perubahan ! dan mereka menciptakannya.
Kegunaan Rencana Kerja
Bagian ke-I buku ini membahas tentang pentingnya sebuah rencana kerja. Banyak yang berpendapat bahwa rencana kerja hanya cocok untuk perusahaan yang baru dirintis. Namun kenyataannya, rencana kerja adalah alat integral untuk semua usaha jangka menengah dan jangka panjang serta sebagai panduan untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan. Rencana usaha memiliki 3 fungsi: 1. Menetapkan proyek masa depan, 2. Menetapkan seberapa baik sasaran yang telah dipenuhi, 3. Tata cara Mendapatkan uang.
Dalam rencana kerja yang terpenting adalah harus dapat dilaksanakan untuk mengembangkan gagasan tentang bagaimana seharusnya usaha di jalankan. Kesempatan memantapkan dan menetapkan strategi sejak awal akan lebih baik —kesalahan terjadi diatas kertas— dengan menguji dari segala perspektif ketimbang kesalahan terjadi di dunia nyata.
Tentang Rencana Usaha
Pada bagian ke-II buku ini membahhas secara lebih dalam tentang rencana usaha. Membahas tentang rencana usaha yang dilampiri satu komponen rencana usaha yang disusun oleh sekelompok usahawan dan beragam komentar tentang komponen-komponen rencana usaha.
Pada bagian ini diuraikan tentang rencana usaha "berteknologi rendah" dengan dua alasan yaitu: 1. Pada kenyataannya sebagian besar usaha baru pada dasarnya tidaklah menggunakan teknologi tinggi, 2. Penulis tidak ingin inovasi teknologi mengaburkan dasar-dasar rencana usaha yang baik.
Rencana usaha akan di uraikan mulai dari gambaran umum perusahaan, produk dan jasa, rencana pemasaran, rencana operasional, manajemen dan organisasi, struktur dan kapitalisasi, dan termasuk pada rencana keuangan, secara mendetail.
Sebagian besar orang senang mem-berikan saran dan melihat orang lain sukses. Temukanlah orang semacam ini dan jika Anda tidak menemukan jawaban terhadap seseorang maka orang lain akan memiliki jawaban yang Anda butuhkan. Tetap semangat, jujur, memiliki integritas dan mintalah bantuan yang Anda butuhkan.
Sumber Daya Lain
Satu-satunya yang terus terjadi di dunia saat ini adalah perubahan. Tidak ada yang tidak berubah meski dalam waktu yang cukup lama. Seperti kakek dan nenek kita tidak melihat dan membayangkan seperti apa yang kita lihat sekarang ini, mulai dari tamasya ke ruang angkasa, menyimpan 100.000 lagu-lagu populer di sebuah perangkat elektronik yang berukuran korek api.
Sumber daya yang begitu banyak tersedia bagi para wirausahawan benar-benar tidak ada habisnya. Banyak departemen, instansi, dan universitas-universitas yang mendukung tentang kewirausahaan dan pengembangan usaha kecil {Small Business Development Centre). Betebaranya situs-situs internet lebih mempermudah membentuk sebuah jaringan kerja yang menjadi salah satu kuncinya. Gagasan, produk, dan proses baru akan datang dari para wirausahawan, dan telah terbukti dari waktu ke waktu, dekade demi dekade, bahwa metodologi yang telah terstruktur dan disiplin dalam rencana usaha akan membantu lebih banyak kreativitas tersebut. Rencana kerja yang terbaik tidak dapat mengubah gagasan buruk menjadi usaha yang baik. Namun, sebuah rencana usaha yang baik dapat membantu membuat sebuah konsep usaha yang baik menjadi kredibel, mudah dipahami. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan-kemungkinan atas sebuah kegagalan yang tidak diinginkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar